Salam Perdamaian dalam Ketuhanan

Selamat melihat-lihat isi halaman ini sahabat..

Semoga anda menjadi orang yang dikaruniakan Tuhan akan kesehatan, kebaikan, dan ketenangan jiwa..


Jumat, 25 Desember 2009

Sayangi Mereka



Dan orang-orang kafir amal-amal mereka adalah laksana fatamorgana di tanah yang datar, yang disangka air oleh orang-orang yang dahaga, tetapi bila didatanginya air itu dia tidak mendapatinya sesuatu apapun. Dan didapatinya (ketetapan) Allah disisinya, lalu Allah memberikan kepadanya perhitungan amal-amal dengan cukup dan Allah adalah sangat cepat perhitungan-Nya. (An-Nuur : 39)

Tidak jarang kita lihat orang-orang non muslim berperilaku baik dalam kehidupan ini, malah banyak yang lebih baik dari perilaku orang-orang muslim. Mereka berwujud sebagai guru, karyawan, pendeta, murid, mahasiswa, pekerja. Senyum mereka, perilaku mereka sungguh banyak yang mendamaikan hati manusia. Tetapi sayang kebaikan-kebaikan yang mereka lakukan tidak akan tercatat oleh Allah di akhirat kelak, karena tanpa didasari keimanan kepada Allah.

Sebagai seorang muslim, ketika melihat kepastian ini seharusnya bukan kebencian yang menyulut di hati, tetapi kasih sayang lah yang harus tersulut. Mereka juga kita, mereka manusia, mereka bani Adam, mereka sama-sama tercipta dari Tanah. Pantaskah kita salahkan mereka akan kekafiran mereka, harusnya kita yang dipersalahkan karena tidak memberitahukan mereka. Kita sibuk dengan ritual peribadatan, menganggap diri paling suci dan yang lain kotor lagi sesat. Yang tampak adalah egoisme seorang muslim.

Islam adalah rahmat semesta alam. Tampakannlah itu saudaraku, jadikanlah agama kita agama yang indah damai dan tidak egois. Sang Nabi pernah menyuapi seorang nenek setiap ia akan pergi ke masjid, dan tahukah bahwa nenek itu adalah seorang Yahudi. Sang Nabi pernah dilempari kotoran oleh seorang kafir, ketika pelempar sakit, Nabi malah menengoknya. Indah kan.

Karena kekerasan hanya akan membawa kebekuan hati di masing-masing pihak. Kasih sayang akan membawa keindahan bagi semua. Maka sebarkanlah kebaikan Islam tidak hanya pada anak-anak masjid, mahasiswa Muslim, muslim dan sejenisnya. Tapi sebarkanlah kebaikan islam kepada semua makhluk. Agar mereka mengerti Indahnya Islam.

...Dan sesungguhnya kamu dapati yang paling dekat persahabatannya dengan orang-orang yang beriman ialah orang-orang yang berkata: "Sesungguhnya kami ini orang Nasrani." Yang demikian itu disebabkan karena di antara mereka itu (orang-orang Nasrani) terdapat pendeta-pendeta dan rahib-rahib, (juga) karena sesungguhnya mereka tidak menymbongkan diri.( Al Maa'idah: 82)



Tulisan ini sebelumnya berjudul Sayangi Para Kafir, tetapi setelah dipublish di rubrik kompasiana ternyata menuai respon negative, maka saya menggantinya dengan Sayangi Mereka. Salam Damai :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Indahnya Alam Pulau Dewata

Indahnya Alam Pulau Dewata
pantai padang-padang yang tenang, akankah ketenangan ini dirusak oleh keburukan manusia, berlakulah baik pada alam kita