Salam Perdamaian dalam Ketuhanan

Selamat melihat-lihat isi halaman ini sahabat..

Semoga anda menjadi orang yang dikaruniakan Tuhan akan kesehatan, kebaikan, dan ketenangan jiwa..


Minggu, 17 Januari 2010

JANGAN JADI SEMBARANGAN

“KALAU ANDA BUKAN ORANG SEMBARANGAN, JANGANLAH BUANG-BUANG SAMPAH SEMBARANGAN !”,JOGER 190983

Inilah kalimat yang menarik sekaligus menggelitik hati saya. Tertulis pada sebuah plat pengumuman yang lebih mirip rambu lalu lintas yang biasa terpajang di pinggir jalan. Tetapi rambu ini tidaklah terpajang di pinggir jalan seperti rambu pada umumnya, melainkan terpajang di lapangan olahraga besar nan luas ditengah kota Denpasar. Disaat saya jenuh memperhatikan aktivitas manusia di lapangan tersebut, disaat saya jenuh melihat tanda-tanda peringatan umum semisal “ DILARANG BUANG SAMPAH DISINI”, “DILARANG BERJUALAN DISINI” tentu hal ini merupakan hiburan tersendiri bagi saya.

Membuang sampah, baik itu sampah kecil maupun sampah besar, sampah organik maupun sampah anorganik, sampah “buatan sendiri” maupun buatan pabrik merupakan pekerjaan biasa yang dikerjakan semua manusia tentunya. Bicara masalah manusia, sosok ini merupakan salah satu spesies yang biasanya senang dengan hal-hal besar dan melupakan hal-hal kecil. Senang dengan keuntungan-keuntungan besar dan mencampakan keuntungan-keuntungan kecil, lebih akrab dengan orang-orang besar dan ketus terhadap orang-orang kecil, lebih fokus terhadap detail-detail besar dan lupa akan detail –detail kecil. Begitu juga perlakuan mereka terhadap sampah, spesies ini berkecenderungan terketuk hatinya untuk membuang sampah-sampah besar, dan menganggap sepele sampah-samapah kecil yang mereka buang. Mereka beranggapan bahwa hal-hal kecil yang mereka buang tidak akan berdampak terlalu besar bagi kebersihan lingkungan bumi ini. Padahal mungkin spesies ini sudah diberi tahu guru-guru TK nya, SD nya, SMP nya, SMA nya, Dosen nya, Guru Agama nya bahwa membuang sampah, terutama sampah yang kecil saja, maka kita akan mendapatkan kebaikan-kebaikan dari Tuhan. Owh.. mungkin spesies bernama manusia ini lupa dikarenakan kesibukannya mengejar hal-hal besar.

Seharusnya mereka sadar bahwa dengan membuang sampah-sampah kecil itu, berarti mereka telah menjadikan diri mereka menjadi ORANG SEMBARANGAN. ORANG SEMBARANGAN yang siap ditempatkan oleh Tuhan ditempat SEMBARANGAN, yang keadaanya SEMBARANGAN pula. Karena mereka pada saat itu,MENJADI SAMPAH SEMBARANGAN YANG AKAN DIBUANG DI TEMPAT SEMBARANGAN.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Indahnya Alam Pulau Dewata

Indahnya Alam Pulau Dewata
pantai padang-padang yang tenang, akankah ketenangan ini dirusak oleh keburukan manusia, berlakulah baik pada alam kita